Senin, 19 Agustus 2013

200-400 mWatt VHF FM Transmitter



Postingan kali ini mungkin bisa dibilang jadul, expired dan out of date, karena sudah banyak yang berhasil membuatnya untuk dipergunakan sebagai alat komunikasi pada jalur 70 – 86 MHz.  Namun demikian penulis akan coba berbagi pengalaman dengan para pembaca yang mungkin memiliki rencana untuk merakit pemancar tersebut sebagai bahan perbandingan.  Oscillator menggunakan tuner blok yang sudah dimodifikasi sehingga range frekuensi antara 70 – 86 MHz.  Kemudian buffer 1, buffer 2 dan final penulis coba menggunakan konfigurasi Kelas A dengan maksud agar linier dan broadband sepanjang frekuensi 70 – 86 MHz.  Penulis juga tambahkan pre amp ECM (electret condenser microphone) 1 transistor menggunakan C945.  Rancangan dibawah ini bukanlah hasil karya saya sendiri, tetapi hasil dari berbagai sumber referensi.

Skema Rangkaian


Untuk proses perakitannya, terlebih dahulu kita rangkai oscillatornya.  Apabila sudah mengeluarkan frekuensi, maka oscilator telah bekerja dengan semestinya.  Supply untuk oscillator kita lewatkan IC regulator 7809, agar kestabilan tegangannya terjaga.  Supply oscillator tersebut juga sekaligus mensupply pre amp mic.

Bagian selanjutnya bisa kita rangkai pre amp mic untuk input modulasinya.  Bila kita dengarkan di radio penerima, oscillator + pre amp mic sudah ada modulasinya, sehingga kita bisa dengarkan suara kita via mic.  Namun demikian sinyal dari oscillator ini masih sangat lemah, sehingga perlu diperkuat lagi dengan buffer 2 tingkat + final.  Perangkaian buffer1, buffer 2 dan final kita lakukan secara bertingkat.  Kita rakit dulu buffer 1, setelah itu kita tes.  Akan lebih mudah bila kita memiliki frekuensi konter, sehingga bisa kita ketahui linearitas frekuensinya.  Setelah selesai dengan buffer 1, kemudian selanjutnya buffer 2.  Kita tes lagi, maka sinyal yang semula lemah menjadi agak kuat.  Sampai akhirnya tahap Final.

Transistor Final Penulis "bungkus" dengan pendingin dari bahan aluminium


Sambungkan antena dengan SWR & Power meter dan dummy load sebagai pengganti antena untuk pengetrimannya.  Kita lihat pada skala SWR & Power meter, untuk Power meter putarlah condensator trimmer sampai didapatkan power maksimal.  Berdasarkan datasheet, 2SC2053 power out maksimal adalah 300 mWatt.  Bila kita beri tegangan 15 volt, maka power yang keluar bisa sampai 1 watt, tetapi saya tidak menyarankannya karena akan memperpendek umur transistor.
Pada foto untuk frekuensi terendah yang ditunjukkan oleh frekuensi konter 61,4, frekuensi sebenarnya adalah 72,1 MHz, (frekuensi konter yang saya pergunakan sebenarnya adalah hanya untuk receiver, oleh karena itu tidak bisa menunjukkan frekuensi yang sebenarnya) powernya sekitar 200 mWatt.  Sedangkan pada frekuensi tertinggi 85,9 MHz (terbaca 75,2 di frekuensi konter) menunjukkan power out sekitar 400 mWatt.

Pada frekuensi terendah power out sekitar 200 mWatt


Pada frekuensi tertinggi power out sekitar 400 mWatt



Hasil pengetesan di lapangan, frekuensi saya tune pada 78 MHz (terbaca 67,3), power sekitar 400 mWatt, dengan antena dipole setinggi kurang lebih 4 meter, mampu mencapai jarak lebih dari 2 kilometer.  Pada jarak 5 kilometer, sinyal indikator receiver masih menyala, tetapi modulasinya sudah tidak jelas (kemresek dan putus-putus).




Catatan : ada perbedaan antara skema dengan PCB.  Semula saya berencana untuk memparalel transistor pada buffer 2 dan final, sehingga pada PCB terdapat 2 buah transistor, resistor dan capasitor untuk bagian emitornya.  Tetapi ternyata hasilnya tidak berbeda jauh sehingga akhirnya saya pakai masing – masing satu transistor saja.
 
Layout PCB


PCB ukuran 5 x 10 cm

Kemungkinan modifikasi :
-         Mengubah jumlah lilitan, diameter lilitan dan diameter kawat.
-         Untuk memperbesar power out, bisa kita sambungkan langsung kaki emitor dari buffer & final dengan ground, tetapi linearitas akan berkurang dan tidak broadband, selain itu komponen juga akan cepat panas.
-         Mengganti kapasitor kopling dengan condensator trimmer

Demikianlah hasil dari perakitan pesawat pemancar ini, meskipun power yang dihasilkan cukup kecil, tetapi linier dan broadband serta minim harmonisa.  Bagi pembaca yang berminat untuk membuatnya, selamat mencoba dan semoga sukses selalu.

41 komentar:

  1. mas yok ntuk tuner bloknya lilitannya dirubah berpa lilitan?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. karena yang dipakai cuma bagian oscillatornya, tidak usah dirubah lilitannya mas, cukup diparalel dengan capasitor aja, sekitar 10-18 pF, semakin besar akan semakin turun range frekuensinya

    BalasHapus
  3. mas saya sudah bikin seperti pada sekema dan lyout di atas.pancarannya lumayan jauh tapi semua transistor panas banget...gmana ya?terus boleh minta skema finalnya gak klo bisa yang 1970+1971.saya sudah coba pke final tersebut tapi mungkin kurang liniear jadi pancarannya gak maksimal.bisa minta skema nya gak?klo berkenan kirim ke zay.timin@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. koq bisa panas smua? dikasi tegangan berapa volt mas? Kalo saran saya kasi 12 volt aja, karena konfigurasi kelas A memang terkenal tidak efisien, banyak energi terbuang menjadi panas, kelebihannya adalah lebih linier, tapi harusnya yang panas cuma 2053/2538 aja, coba nilai capasitor koplingnya diperkecil aja

      Hapus
  4. mas di komen di atas mas yok bilang "tidak usah dirubah lilitannya mas, cukup diparalel dengan capasitor aja" capasitor yg diparalel yg mana ya mas,soalnya c nya banyak banget?
    gambar:http://tinypic.com/view.php?pic=r77g5f&s=8

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya lilitan yang ada di tuner blok cukup diparalel dg C utk menurunkan frekuensinya, jadi gak ada di skema mas

      Hapus
    2. itu kan ada 3 lilitan yg diparalel smua kasih C satu satu atau bagaimana maaf banyak tanya

      Hapus
    3. skalian kalo ada skema yg tambah final 70 kalo ada,
      hehehe *ngarep*

      Hapus
    4. krn yg dipake cuma oscilator, yg diparalel lilitan bagian atas aj mas, sbnrnya ada pake 70 cuma blum sempat saya posting, kalo pake rangkaian diatas buat dorong 71 dah bisa mas, kalo bwt dorong 70 bisa overdrive malah rusak 70-nya

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. makasih mas besok saya coba

      Hapus
  5. rooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooojes

    BalasHapus
  6. masih rame apa ga ya rojesnya, rencana mau pasang rpu di gunung kapur tuban kalo emang masih rame di jalur fm 3-4 meter band ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepi mas, tapi gara2 tulisan saya ini beberapa temen dah mulai gatel tangannya hehe... dipasang aja mas RPU-nya, siapa tau bisa nyampe sini

      Hapus
    2. mas yok rmh nya di mana? kaloasaya di bjnegoro jatim, ya nanti kalo ud terpasang saya mau reprt ke anda ,rpu nyampai sana apa ga, GANTI.

      Hapus
    3. saya posisi di Pati Mas, jangan di 81,8 karena ada spletan kuat dari radio komunitas disini, RPU yang bisa ditangkap disini 81,1 (central 10), 84,6 (Kalisidi) semuanya berposisi di Kab. Semarang

      Hapus
  7. Dan punya recive yang peka dan selektif apa ga mas yok

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa pake mitsumi yang VCO, range frekuensi 70-110MHz

      Hapus
  8. mitsumi mas yok pakai ic ap? apa la 1260 juga ,karena aku pakai mitsumi ic 1260 cuma peka di 88 ke atas untuk buat ke bawah budeg. ya mas 81,1 di bjnegoro besar bnget di monitor, u/ 84,6 blm monitor aku mas, input berapa mas yang 81,1 dan 84,6.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, pake LA1260 juga...81,1 input di 72,6, aq pake 2053 (200mwatt) cuma kuat gerakin roger beepnya aj dari sini mas, modulasinya blum bisa masuk, mgkn kalo diperkuat lagi baru bisa

      Hapus
    2. kalo yg 84,6 dari sini terpantau lemah, tapi temanku yg rumahnya di gunung sering masuk juga, inputnya 75,2 mas...selamat mencoba

      Hapus
    3. ternyata bisa mas, dengan power 200mwatt tadi malam saya berhasil masuk RPU Central 10, tapi mesti nunggu sepi, krn power kecil kalah sama lokalan

      Hapus
  9. test rpu in 738 ot 817 mas yok monitor apa ga, umpama kalo monitor berpa persen di trima

    BalasHapus
  10. di terima disana dengarr apa ga mas yok

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya gak denger mas, tapi temenku di gunung dah tak suruh monitor

      Hapus
    2. saya udah cek ke magetan di trima 90 persen mas untuk rpu gunung kapur tuban, belum tau yang ke arah timur dan barat apa bisa dengar rpu ini , in 73,8 out 81,7 / 81,8.

      Hapus
    3. kalo disini frekuensi 81,7-81,8 kena spletan radio "histawa" mas, jadi ya gak dengar

      Hapus
  11. radionya apa ga di sempitkan lg biar ga kena anakan radio brocast , daerah angin angin itu daerah mana mas,

    BalasHapus
  12. JADI di freq berapa yang ga ada anakan radio brodcast di tempat mas yok. biar tak coba ke titik bersih itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. frekuensi 79-80 bersih mas, gak bisa mas itu emang spletan kuat dari dulu, dah saya coba pake tuner baik modifan maupun VCO tetep aja ada

      Hapus
  13. okelah kalo begitu, kalo rpu janjang dengar apa ga di sana in 735 ot 814.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayup-sayup bisa denger mas, omongannya gak jelas, tapi roger beepnya terdengar jelas

      Hapus
  14. kalo outny di 81,95 apa terdengar di sana mas. rpu punden.

    BalasHapus
  15. Mas minta skema roger beebnya... Saya malah kangen sama brik2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK, saya arahkan ke blog temen saya aj yg udah berhasil bikin, saya bikin spt skema tsb tapi suaranya pelan banget, silakan kunjungi : http://omrin-file.blogspot.com/2014/02/roger-beep.html?m=0

      Hapus
  16. Salam kenal mas yok,aku pun dari pati juga.dulu pun aku selalu ngebrik dengan kawan" tlogowungu atas.tapi sekarang sudah lama vakum alias berhenti.saya mau tanya apa masih rame sekarang pada ngebrik mas kok pengen buat lagi.sebab saya masih ada antena,

    BalasHapus
  17. Salam kenal mas yok,aku pun dari pati juga.dulu pun aku selalu ngebrik dengan kawan" tlogowungu atas.tapi sekarang sudah lama vakum alias berhenti.saya mau tanya apa masih rame sekarang pada ngebrik mas kok pengen buat lagi.sebab saya masih ada antena,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg, kalo sekarang di Pati sendiri personil yg aktif cuma sekitar 4 ekor, termasuk saya :D .... tapi di daerah Kudus ke selatan, masih banyak mas, kalo sekarang gak perlu bikin pesawat dg power gede, cukup pesawat kecil aja, trus masuk ke RPU (Radio Pancar Ulang), yang bisa saya tangkap sekitar 4 RPU (Kalisidi, Sentral 10, Boyolali & Merapi)...yang jadi tantangan, bagaimana caranya dengan pesawat kecil tapi bisa mancar kemana2 mas hehe....

      Hapus
    2. Itu yg aku harapkan mas......biar bisa kenal sama teman-teman briker yg di jauh sana

      Hapus
    3. Itu yg aku harapkan mas......biar bisa kenal sama teman-teman briker yg di jauh sana

      Hapus