Jumat, 11 April 2014

Membuat Dummy Load 50 Ohm

Istilah "Dummy Load" tentunya sudah bukan hal yang asing bagi para pecinta elektronika, khususnya bidang Radio Frekuensi.  Apabila kita Bahasa Indonesia - kan, dummy load artinya adalah beban semu.  Fungsi dummy load adalah sebagai pengganti antena dalam pembuatan maupun pengetesan sebuah rangkaian pemancar.  Secara umum, antena pemancar mempunyai impedansi 50 ohm demikian juga saluran transmisi dan konektor biasanya berjenis 50 ohm juga.
Dummy load bisa kita buat sendiri dengan menggunakan komponen resistor dengan nilai 50 ohm.  Resistor yang dipergunakan adalah jenis Carbon, Carbon Film dan Metal Film.  Jangan menggunakan resistor kotak, karena intinya terbuat dari kawat nikelin yang dicor bahan porselen.
Mungkin yang menjadi permasalahan adalah bagaimana membuat agar dummy load tersebut mampu dilalui oleh power yang besar.  Hal tersebut bisa kita atasi dengan cara memparalel beberapa resistor untuk meningkatkan nilai Watt-nya.
Photo diatas adalah beberapa dummy load hasil karya penulis yang biasa penulis pergunakan untuk setting pemancar.
Nomor 1, terbuat dari Resistor Karbon dengan nilai 1K 2watt yang diparalel sebanyak 20 buah.  Secara teori 2 watt x 20 = 40 watt, berarti dummy load tersebut mampu dilalui daya maksimal 40 watt.  Sedangkan nilainya 1.000 / 20 = 50 ohm.  Tentunya apabila kita ukur menggunakan multitester hasilnya tidak tepat menunjuk 50 ohm, karena ada nilai toleransi 5% dari masing-masing resistor tersebut.

Nomor 2, terbuat dari resistor Karbon dengan nilai 300 Ohm 2 watt yang diparalel 6 buah, sehingga diperkirakan akan mampu dilalui oleh daya maksimal 12 watt.

Nomor 3, terbuat dari Resistor Metal Film (toleransi 1%) dengan nilai 1K 0,25 watt yang diparalel sebanyak 20 buah, sehingga secara teori akan mampu dilalui daya maksimal sebesar 5 watt.

Nomor 3, terbuat dari resistor Metal Film dengan nilai 200 ohm 0,5 watt yang diparalel 4 buah, sehingga secara teori akan mampu dilalui daya maksimal 2 watt.

Kemudian misalnya jika kita menginginkan dummy load murah meriah untuk daya besar (100-200 watt) bagaimana ?  Bisa kita gunakan Resistor Karbon dengan nilai 10K 2 watt diparalel sebanyak 200 buah yang secara teori akan bisa dilalui daya sebesar 400 watt.  Bila menggunakan Resistor Karbon / Metal Film 10K 0,5 watt, maka daya maksimal adalah 100 watt.  Selamat Berkarya.

4 komentar:

  1. Itu kabel jumper dummyload apakah ada aturannya?

    BalasHapus
  2. mas kalo menurunkan watt modulator gmana yaa ??. cth : 14 watt menjadi 8 watt..
    mohon pencerahannya ya mas, penting !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling mudah dg memainkan tegangan driver & final, bila tegangan diturunkan, pasti watt-nya akan turun

      Hapus